Skripsi

Relationship Between Childhood Obesity and Child’s Academic Achievement = Hubungan antara Obesitas pada Anak dan Pencapaian Akademis Anak.

Background. Childhood obesity is one of the most serious public health challenges of the 21 st century. The problem is global and is steadily affecting many low- and middle-income countries, particularly in urban settings including in Indonesia. There are several risks of childhood obesity including genetic, parent restriction, sedentary behaviour and decreased physical activity. This study is aimed to know the risk factor, epidemiology and relation between obesity with academic achievement. Methods. This study is conducted using cross- sectional study comprised of primary school student in a public school in Jakarta. Subject’s body weight and body height were measure. BMI of each subject were measure using BMIfor-age curve from CDC. The subjects were classified into three weight status categories; underweight, normal weight and obese. Results. Among which, 59 subjects from 279 subjects found to be obese. In relationship with academic scores, grade (p = 0.000) and gender (p = 0.021) were found to be significant. Relationship between childhood obesity (p = 0.512) with academic score were insignificant. Conclusion. Prevalence of obese in this study is 21.1%. Variables significantly associated with academic score were grade and gender. Childhood obesity was insignificantly associated with academic score.
Keywords: childhood obesity, academic achievement


Latar Belakang. Obesitas pada anak merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang paling serius di abad ke 21 ini. Masalah ini bersifat global dan terus mempengaruhi banyak negara baik negara dengan pendapatan rendah dan negara dengan pendapatan menengah, terutama di daerah perkotaan termasuk di Indonesia. Banyak faktor yang mempengaruhi obesitas pada anak termasuk keturunan, perilaku gerak pasif dan berkurangnya aktivitas fisik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor resiko, persebaran dan hubungan antara obesitas dengan nilai akademis. Metode. Penelitian ini dilakukan dengan penelition potong lintang yang mengikutsertakan murid sekolah dasar di sekolah negri di Jakarta. Berat badan dan tinggi subjek diukur. Indeks masa tubuh dari masing masing subjek diukur menggunakan kurva indeks masa tubuh-untuk-usia dari CDC. Subjek diklasifikasi kedalam tiga kategori; berat badan kurang, berat badan normal dan obesitas. Hasil. Diantaranya, 59 subjek dari 279 subjek termaasuk dalam kategori obesitas. Hubungan antara nilai akademik dengan kelas (p = 0.000) dan jenis kelamin (p = 0.021) berkaitan secara signifikan. Hubungan antara obesitas pada anak (p = 0.512) dengan nilai akademik ditemukan tidak signifikan. Kesimpulan. Prevalensi dari obesitas pada anak didalam penelitian ini adalah 21.1%. Variabel yang berhubungan secara signifikan dengan nilai akademik adalah kelas dan jenis kelamin. Hubungan nilai akademik dengan obesitas pada anak tidak signifikan.
Kata kunci: obesitas pada anak, pencapaian akademik

Judul Seri
-
Tahun Terbit
2018
Pengarang

Daniel Christovery Darmaputra - Nama Orang
Rini Sekartini - Nama Orang

No. Panggil
S18164fk
Penerbit
Jakarta : Program Pendidikan Dokter Umum S1 KKI.,
Deskripsi Fisik
xi, 36 hal; ill; 20 x 30 cm
Bahasa
English
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
S18164fk
Edisi
-
Subjek
Info Detail Spesifik
-
S18164fkS18164fkPerpustakaan FKUITersedia
Image of Relationship Between Childhood Obesity and Child’s Academic Achievement = Hubungan antara Obesitas pada Anak dan Pencapaian Akademis Anak.

Related Collection